Profil

Kecamatan Selat Nasik merupakan salah satu dari lima kecamatan yang ada di Kabupaten Belitung yang terletak sekitar 50 km sebelah Barat Kota Tanjung Pandan. Untuk mencapai wilayah ini dapat menggunakan perahu motor 5 GT dari pelabuhan Tanjung Pandan, Ibukota Kabupaten Belitung dengan waktu tempuh sekitar dua sampai tiga jam. Kecamatan yang mempunyai luas 133,50 km2 atau sekitar 5,82 persen dari luas wilayah Kabupaten Belitung ini di sebelah Utara berbatasan dengan Laut Natuna, sebelah Barat dengan Selat Gaspar, di sebelah Timur dengan Kaecamatan Badau dan di sebelah Selatan dengan Laut Jawa.

Permukaan tanah Kecamatan Selat Nasik merupakan daerah perbukitan dengan topografi bergelombang sampai berbukit, sedangkan di pantai mempunyai permukaan relatif datar. Sekitar 60 persen wilayah Selat Nasik merupakan tanah datar, 20 persen tanah berombak, dan sisanya adalah tanah berbukit.  Keadaan tanah di kecamatan ini pada umumnya didominasi oleh kwarsa, pasir dan granit. Jenis pantai yang ada di wilayah ini tergolong ke dalam pantai berlumpur yang banyak ditumbuhi mangrove.

Wilayah Kecamatan Selat Nasik merupakan kepulauan, yang terdiri dari sekitar 26 pulau besar dan kecil.  Namun demikian, tidak semua pulau-pulau tersebut berpenghuni, pemukiman penduduk Kecamatan Selat Nasik berkonsentrasi di Pulau Mendanau, dan sebagian kecil tinggal Pulau Gresik, Pulau Bakau dan Pulau  Kalambau. Kecamatan Selat Nasik beriklim tropis dan memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Musim hujan berlangsung pada bulan Oktober sampai April sedangkan musim kemarau pada bulan Mei sampai September dan suhu rata-rata antara 25,6◦ C sampai 28◦C.

Secara administratif, Kecamatan Selat Nasik terdiri dari empat desa, yaitu Desa Selat Nasik sebagai ibukota kecamatan, Petaling, Suak Gual dan Gresik. Desa Selat Nasik, Petaling dan Suak Gual terletak di Pulau Mendanau, sedangkan Desa Pulau Gresik terletak di Pulau Gresik, Pulau Bakau dan Kalambau. Ketiga desa yang ada di Pulau Mendanau dihubungkan oleh jalan darat yang sudah diaspal dan dapat dilalui oleh kendaraan roda empat. Jarak Desa Selat Nasik ke Desa Petaling sekitar 8 km atau sekitar 10 menit dengan kendaraan roda empat atau sepeda motor. Sementara itu jarak desa Suak Gual ke Selat Nasik sekitar16 km atau sekitar 20 menit dengan menggunakan sepeda motor atau mobil.

Pulau-Pulau di Kecamatan Selat Nasik

Sebagai kecamatan yang bercorak kepulauan, Selat Nasik memiliki gugusan pulau-pulau dengan pulau Mendanau sebagai pulau utama dimana Kantor Camat Selat Nasik bertempat. Berikut data pulau-pulau yang termasuk dalam wilayah administratif Kecamatan Selat Nasik.

pulau_selatnasik