Kementerian Perindustrian RI Gelar Sosialisasi dan FGD

Kementerian Perindustrian RI Gelar Sosialisasi dan FGD

kementerian-perindustrian-sosialisasi-di-belitungTanjungpandan__Kementerian Perindustrian RI melalui Direktorat Industri Bahan Galian Nonlogam Direktorat Jenderal Industri Kimia, Tekstil dan Aneka menggelar kegiatan Sosialisasi Program Peningkatan SDM dan FGD Pemanfaatan Pasir Silika Untuk Industri. Kegiatan ini di buka secara resmi oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos pada Kamis, (8/2) bertempat di Meeting Room Hotel BW Suite Belitung.

Dalam sambutannya, Bupati Belitung menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Kementerian Perindustrian yang telah memilih Belitung sebagai tempat pertama berlangsungnya kegiatan ini. Beliau berharap kegiatan ini tidak sebatas hanya sosialisasi dan FGD semata tetapi dapat memberikan suatu rekomendasi untuk Pemerintah Kabupaten Belitung khususnya terhadap potensi-potensi SDA yang dimiliki Belitung untuk pemanfaatannya di masa datang.

Menurutnya, Belitung memiliki kekayaan alam yang luar biasa, lengkap baik didarat maupun dilaut, keanekaragaman tambang yang ada di Belitung juga terbilang lengkap, hanya volume dan depositnya saja yang masih terbatas. Sekarang tergantung bagaimana kita bisa memanfaatkan peluang yang bagus ini agar bisa bernilai dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut, menurut Bupati, potensi pariwisata Belitung juga menyimpan banyak kekayaan dan keindahan alam yang luar biasa. Bahkan saat ini Belitung telah ditetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional bahkan menuju pada Geopark Global. Hal ini salah satunya karena Belitung memiliki SDA yang cukup  potensial, sebut saja kekayaan batu granit yang unik dan khas di kawasan Pantai Tanjung Tinggi dan Tanjung Kelayang.

‘’Semua ini merupakan aset bagi Belitung untuk memajukan sektor pariwisata. Bahkan ke depan Belitung juga akan dijadikan Kawasan Marine Argo Tourism. Mudah-mudahan ke depan Belitung dapat terus maju dan berkembang di segala sektor’’ kata Sahani.

Sementara itu, Direktur Industri Bahan Galian Non Logam, DR. Ir. Lintong Sopandi Hutahaean, M.CKE mengatakan pilihan Belitung sebagai tempat berlangsungnya kegiatan ini, karena Bangka Belitung khususnya Belitung memiliki banyak bahan tambang dan potensi SDA yang cukup besar bagi kemajuan sektor perindustrian Indonesia.

‘’Saat ini Kementerian Perindustrian RI juga terus mendorong pengembangan potensi SDM industri. Karena untuk meningkatkan kemajuan sektor industri  keberadaan SDA yang ada juga harus diimbangi dengan kemampuan SDM yang handal. Apalagi menghadapi keterbukaan era MEA, kita harus konsen untuk membangun SDM dan mengembangkan standard kompetensi SDM’’, jelasnya.

kegiatan ini diisi dengan kegiatan paparan, diskusi dan tanya jawab. Turut hadir dalam acara pembukaaan, para nara sumber dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Babel, Dimas Ardiyanto, Balai Besar Keramik, Supomo, Pusat Penelitian Industri Hijau dan Lingkungan Hidup, Lusiana, Kepala Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Perindustrian Kabupaten Belitung, Hilman, SH, para peserta perwakilan dari perusahaan tambang, serta undangan lainnya. ***dk

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung