Gubernur : Pembangunan Pelabuhan Di Babel Harus Direncanakan Dengan Matang

hari-perhubungan-nasional-di-babelPangkalpinang – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, mengatakan bahwa Bangka Belitung sebagai daerah kepulauan memiliki tantangan yang besar dalam pelayanan transportasi daripada daerah-daerah pulau lainnya. Hal tersebut disampaikan usai memimpin upacara Hari Perhubungan Nasional Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2017, di halaman Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam, senin (18/09/2017).

Memang tak dapat dipungkiri, dibutuhkan biaya pembangunan untuk transportasi di Babel ini sangat besar. Hal inilah yang membedakan Babel dengan daerah-daerah darat. Walaupun Bangka Belitung memiliki tantangan yang besar, namun Pelayanan transportasi di daerah kepulauan Babel harus dioptimalkan,” ujar Gubernur.

Kebutuhan akan biaya ini juga merupakan salah satu tantangan bagi provinsi kepulauan Bangka Belitung agar dapat menarik investor, khususnya untuk membangun pelabuhan-pelabuhan penghubung, termasuk bandara. Gubernur pun mengatakan, apabila Bangka Belitung dalam hal pelayanan tidak optimal maka akan mengalami kerugian yang besar mengingat potensi yang dimiliki Babel sangat besar dengan kurang lebih 400 pulau.

“Dapat dibayangkan betapa ruginya Babel yang memiliki kurang lebih 400 pulau. Dari pulau-pulau tersebut, pelabuhan dermaganya paling tidak lebih dari 15 buah. “Tahun ini kita akan berupaya untuk menyiapkan rambu-rambu lautnya. Setelah itu, berbagai macam perencanaan dermaga akan dibuat, terutama untuk pulau-pulau yang jumlah penduduknya lebih dari 100 kepala keluarga,” ungkap Gubernur.

Untuk pembangunan pelabuhan, Gubernur mengatakan Pelindo sudah berencana untuk pindah ke Belinyu – Kabupaten Bangka, dan untuk membangun pelabuhan Gubernur akan bekerjasama dengan PT. Timah.

“Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerjasama dengan PT Timah dan kita kasih waktu 2 tahun untuk melakukan penambangan, namun setelah penambangan tersebut saya mau ada daerah yang direklamasi dalam rangka membangun pelabuhan,” tutur Gubernur.

Gubernur mengungkapkan, untuk reklamasi pelabuhan tersebut nantinya bisa lebih dari 12 meter agar dapat menampung kapal yang diatas 7.000 hingga 10.000 gros ton. Dengan pembangunan reklamasi pelabuhan tersebut, maka Gubernur berasumsi bahwa biaya transportasi di Babel ini akan menjadi lebih murah.

Maka dari itu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung harus benar-benar merencanakan pembangunan-pembangunan pelabuhan ini dengan sangat matang dan terencana baik,” kata Gubernur.

.

 

Sumber: Dinas Kominfo Prov. Babel
Penulis: Khalimo
Fotografer: Khalimo