Kapolri : Modal Terpenting Dari Babel Ini Adalah Rasa Amannya

PANGKALPINANG – Kapolri Jendral Polisi Drs. H Muhammad Tito Karnavian pada hari ini (4/8/2017) berkunjung ke Bangka Belitung. kehadiran beliau disambut hangat oleh Gubernur Erzaldi Rosman, Kapolda Babel Anton Wahono, dan juga masyarakat Bangka Belitung di gedung Graha Timah.

Kunjungan Kapolri dalam rangka memberikan ceramah umum dihadapan Danlanal, Danrem, Kepala Kejaksaan Tinggi, jajaran Polda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Babel, tokoh agama/masyarakat, Para Dosen dan mahasiswa se-Bangka Belitung.

Ia mengaku bahwa kunjungan ke Bangka Belitung ini merupakan yang pertama kalinya. “Karena tanggung jawabnya Kapolri adalah mengenai kamtibmas, maka saya memang lebih fokus ke daerah-daerah konflik yang ada di Indonesia, seperti; Sumatera Utara, Papua, Lampung, Sulawesi Tengah dan lainnya. Seperti yang saya prediksi, Babel ini masih dalam keadaan aman,” ujarnya.

Kemudian Kapolri mengungkapkan bahwa modal terpenting suatu daerah atau negara adalah keamanan. Rasa aman ini merupakan hal terpenting yang dibutuhkan oleh masyarakat. “Kita menjadi tahu betapa mahalnya rasa aman bila sudah terjadi kerusuhan. Kita tahu betapa mahalnya aman apabila kita melihat daerah lain, atau negara lain yang dalam kondisi tidak aman,” jelasnya.

Ada berbagai keamanan yang dibutuhkan masyarakat. Seperti keamanan dalam situasi kondisi, keamanan dalam hal kesehatan, bahkan keamanan dalam hal pendidikan.

Rasa aman tersebut juga berkaitan erat dengan pembangunan. Hal ini dapat terlihat melalui analisis nya dari negara-negara tetangga yang memiliki keamanan tinggi yang pernah Ia tinggali selama masa pendidikan nya di Newzealand dan Singapura.

Dengan membandingkan bahwa Indonesia bisa dikatakan memiliki segalanya mulai dari tambang, pertanian, perkebunan, dan lain lain. “Sayangnya kenapa Indonesia masih timbul masalah kelangkaan beras? Dengan garis pantai yang luas timbul kelangkaan garam?, Ini menjadi pertanyaan kritis bagi kita sebagai bangsa dan sebagai pimpinan,kenapa? Satu karena mereka memiliki modal keamanan. Mereka invest berusaha agar menjaga situasi negara yang aman, yang kedua mereka investasi sumber daya manusia. Maka 30% anggaran untuk pendidikan,” ujarnya.

Menurut nya dengan pendidikan membuat manusia menjadi unggul dan mampu bertahan tanpa bergantung kepada yang lain. Ini lah salah satu bentuk keamanan dalam hal pendidikan.

Karena itu Ia pun berpesan agar masyarakat jangan merasa keadaan yang aman ini merupakan keadaan yang take it for granted, atau keadaan yang biasa-biasa saja. Bangsa indonesia ini tidak perlu terjadi lagi konflik SARA yang hanya akan menimbulkan kerugian. Karena tanpa rasa aman, Ia berujar bagaimana investor mau datang? Apalagi turis? Karena itu merupakan modal terpenting dari Bangka Belitung. Itulah beberapa hal yang disampaikan oleh Kapolri dalam ceramah umumnya di siang hari menjelang waktu salat jumat.

Lebih jauh Kapolri mengajak semua untuk menjaga keamanan di babel terutama dari potensi konflik. “Dengan menjaga keamanan bersama-sama, maka ekonomi menjadi kondusif. Mudah-mudahan Bangka menjadi tempat yang modern. Karena ini tempat yang sangat potensial sekali, because you have everything here, (karena Bangka memiliki segalanya disini),” tutupnya.

Setelah pemberian ceramah tersebut dan salat jumat bersama, kemudian acara dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan mesjid Polda Kepulauan Bangka Belitung.(K5)

Sumber: Dinas Kominfo Prov. Babel
Penulis: khalimo
Fotografer: Khalimo