Camat Selat Nasik Laksanakan Kegiatan SATAM EMAS di Pulau Gersik

satam-emas-selat-nasik-2017Pulau Gersik, Camat Selat Nasik, Febriansyah, S.STP, hari Kamis (24/08) bersama tim Koordinasi Kecamatan Kegiatan Satu Milyar untuk Tiap Kecamatan Menuju Pembangunan Efektif, Merata, Adil dan Selaras (SATAM EMAS) Tahun Anggaran 2017 mulai melaksanakan kegiatan di Desa Pulau Gersik.

Dengan menggunakan Kapal Kecamatan pada kamis pagi pukul 06.30 bertolak dari Pelabuhan Tanjung Nyato menuju Pulau Gersik yang merupakan salah satu desa di wilayah administrasi Kecamatan Selat Nasik. Perjalanan laut cukup tenang dengan angin dan ombak yang tidak terlalu besar. Tiba di Pelabuhan Pulau Gersik pukul 08.00, kapal berlabuh jauh dari dermaga pelabuhan yang memang dalam kondisi rusak berat.

Sebelum menuju tempat pertemuan dengan warga, Camat Selat Nasik sempat bersilaturahmi dengan warga yang sedang bekerja di dekat pelabuhan. Pertemuan dengan Warga Penerima Manfaat Kegiatan SATAM EMAS dan Kelompok Masyarakat Pelaksana Swakelola (KMPS) dijadwalkan pada pukul 10.00.

Sebanyak 14 (empat belas) orang warga penerima manfaat program hadir di kantor Desa Pulau Gersik serta pengurus KMPS, dan aparat desa. Dalam pengarahannya, Camat Selat Nasik menjelaskan secara umum program SATAM EMAS untuk peningkatan kualitas kehidupan masyarakat. Bapak Febriansyah juga mengharapkan agar kegiatan ini dapat diterima dengan baik dan jangan sampai menjadi konflik, “Jangan sampai jadi bahan be-iri-rian, ukan yang lain ndak dapat, tapi kita sudah punya data base PPLS 2013. Yang belum dapat tahun ini, insya Allah kita ajukan tahun-tahun selanjutnya.”

Selanjutnya secara berurutan Ketua Tim Koordinasi Kecamatan SATAM EMAS, Antonio Apriza, S.IP, M.SI dan SP3 menjabarkan penjelasan teknis yang termuat dalam Pedoman Umum Pelaksanaan Kegiatan Satam Emas dan Petunjuk Teknis dari Propinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Satam Emas Tahun Anggaran 2017 dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung nomor 29 tahun 2017 tentang Pedoman Umum Program Satu Milyar untuk Tiap Kecamatan Menuju Pembangunan Efektif, Merata, Adil dan Selaras (Satam Emas) Tahun Anggaran 2017 dan Keputusan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung nomor 188.45/584/BAPPEDA/2017 tentang Petunjuk Teknis Program Satu Milyar untuk Tiap Kecamatan Menuju Pembangunan Efektif, Merata, Adil dan Selaras (Satam Emas) Tahun Anggaran 2017 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

satam-emas-selat-nasik-2017Kegiatan SATAM EMAS di Kecamatan Selat Nasik paket Pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) sudah memasuki tahun ke-3 sejak dimulai tahun 2015 lalu. Pada tahun 2015, ada 24 unit RLH yang dibangun di tiga desa; Desa Selat Nasik, Desa Petaling, dan Desa Suak Gual. Pada Tahun 2016 juga dibangun 24 unit RLH di desa Selat Nasik, Desa Petaling, dan Desa Suak Gual. Sedangkan pada tahun 2017 ini, Pembangunan Rumah Layak Huni SATAM EMAS difokuskan kepada Desa Pulau Gersik, yaitu sebanyak 10 unit di dusun Pulau Gersik, 4 unit di dusun Pulau Kuil dan ada 3 unit RLH di Desa Selat Nasik, Pulau Mendanau. Selain itu, akan ada tambahan unit RLH yang sedang diajukan pada SATAM EMAS Tahap II setelah DPA APBD Perubahan TA 2017 disahkan.

SATAM EMAS Merupakan kegiatan yang dibiayai oleh APBD Propinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Mekanis Dana Bantuan Propinsi. Tetapi ada bebera porsi keuangan yang dibiayai oleh dana APBD Kabupaten Belitung yaitu berupa Dana Pendamping kegiatan. Besaran Dana Bantuan SATAM EMAS Propinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun Anggaran 2017 untuk Kecamatan Selat Nasik Sebesar Rp.1.000.000.000,- (satu milyar rupiah).

Teknis pelaksanaan pembangunan RLH dilaksanakan oleh KMPS didampingi oleh Sarjana Pendamping Penggerak Pembangunan (SP3). Seluruh dana Kegiatan ditransfer langsung ke rekening kelompok (KMPS) dan dikelola secara swakelola. Tidak ada keuangan pembangunan yang dikelola oleh kecamatan, kecuali urusan kesekretariatan, monitoring, dan evaluasi.

Terakhir, rapat persiapan pelaksanaan kegiatan SATAM EMAS 2017 setelah melakukan diskusi dan tanya jawab dengan warga, Camat menandatangani kontrak dengan KMPS untuk pelaksanaan program Satam Emas tahun Anggaran 2017 di Desa Pulau Gersik.

Berita: Muhammad Sapril

Foto: Muhammad Sapril