Wakil Bupati Belitung Buka KKL IKPB 2017

wakil bupati belitung buka kkl ikpb 2017Tanjungpandan – Ikatan Keluarga Pelajar Belitung (IKPB) mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di kabupaten Belitung tepatnya di dua desa yakni desa Selat Nasik dan desa Gunung Riting. Program ini merupakan yang pertama kali diadakan oleh IKPB pusat.

Pembukaan sekaligus pelepasan peserta KKL IKPB tahun 2017 dilaksanakan di Ruang Didang Pemkab Belitung pada hari Jumat (14/7) oleh Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani.

SC (Steering Committee) program KKL IKPB 2017, Budi Prayitno menyampaikan terdapat berbagai permasalahan yang ada di Belitung terutama dalam bidang pendidikan dan pembangunan yang tidak merata. Untuk itulah, para pengurus IKPB mengirimkan mahasiswa-mahasiswi terbaik Belitung untuk belajar ke tempat-tempat yang termasuk kedalam kategori tersebut untuk mengabdi kepada masyarakat dan menggali potensi yang ada di kedua desa. Serta dapat memberikan harapan bagi masyarakat terutama anak-anak agar lebih giat dalam menempuh pendidikan.

Sama halnya dengan yang disampaikan oleh Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani dalam sambutannya menyebutkan bahwa terdapat berbagai permasalahan dalam bidang pendidikan di Kabupaten Belitung, salah satunya lama penduduk bersekolah di Kabupaten Belitung terbilang rendah dengan perhitungan pada tahun 2016 hanya sebanyak 8,33 tahun. Hasil ini diperoleh dari jumlah penduduk yang bersekolah di Kabupaten Belitung dijumlahkan sesuai dengan jenjang pendidikan yang ditempuhnya, maka diperoleh hasil tersebut. Beliau menyampaikan, penduduk Kabupaten Belitung baru selesai tamat SD jika melihat hasil perhitungan tersebut.

Dalam sambutannya, Erwandi juga menyampaikan bahwa KKL merupakan unsur yang penting dalam perguruan tinggi, dengan mengabdi kepada masyarakat. Disinilah para peserta harus memahami bagaimana belajar dan menyatu dengan masyarakat. Bahwa masih banyak kewajiban dalam mendorong masyarakat untuk bersekolah, salah satunya melalui program KKL.

Kegiatan KKL yang berlangsung selama 10 (sepuluh) hari ini diketuai oleh Rizki Yulius, dengan para peserta yang merupakan mahasiswa-mahasiswi Belitung dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Pembukaan KKL IKPB 2017 ini juga dihadiri oleh Kepala DPPKBPMD, H. Nurman Sunanda, Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Pemkab Belitung, Drs. H. Jasagung Hariyadi, M.Si, Camat Selat Nasik, Febriansyah, S.STP, dan Ketua IKPB Pusat, Miftahudin, serta para pengurus IKPB lainnya. (AG)

 

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung