Kejurda Pelajar VIII Tingkat Provinsi Babel Tahun 2017

TANJUNGPANDAN – Hujan mengguyuri Stadion Pangkal Lalang Kabupaten Belitung. Meskipun begitu, tidak menyurutkan semangat para pelajar dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Belitung untuk mengikuti pembukaan Kejurda Pelajar VIII Babel 2017 hari ini Sabtu (20/5/2017) dengan mengangkat tema “Olahraga Sebagai Pembentuk Karakter Bangsa Pemuda dan Pelajar Adalah Tonggak Kehidupan Bangsa Kejuaraan Daerah Pelajar VIII Menjadi Wadahnya”.

Ajang perlombaan 6 cabang olahraga tingkat provinsi ini dibuka oleh Kepala Diskepora Provinsi, Rahmadi yang dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rutinitas dalam mendukung pelajar meraih prestasi.

“Dan memang ini merupakan agenda rutin kita dari Dispora untuk mendukung pelajar meraih prestasi, khususnya dalam cabang olahraga,” katanya.

Tidak hanya itu, Rahmadi juga mengatakan ajang ini juga sekaligus sebagai persiapan untuk menghadapi Popnas mendatang yang rencananya diselenggarakan di Semarang pada bulan September.

“Hari ini adik-adik kita sekaligus dibentuk dan dipersiapkan untuk ajang yang lebih bergengsi, tingkat nasional. Maka dari itu saya berharap para pelatih yang sudah kami bentuk secara profesional untuk bisa mendidik, melatih dan melihat bakat serta kemampuan adik-adik ini,” ujarnya.

Rahmadi menambahkan, agar pelatih mengesampingkan hal-hal lainnya dalam melatih para pelajar sesuai dengan minat dan bakatnya.

“Hal-hal alternatif itu disingkirkan dulu. Karena kita sudah ada standar untuk atlit-atlit yang kita bina akan kita bentuk sehingga hari esok dia menjadi atlit yang berkualitas yang diharapkan untuk meraih medali emas,” tegasnya.

Dalam ajang kejuaraan tingkat provinsi ini melibatkan 600-an peserta dari seluruh kabupaten / kota yang ada di Bangka Belitung. Maka dari itu, Rahmadi mengatakan perlu sinergi antar pihak untuk memfasilitasi para peserta baik itu sarana prasarana, kesehatan, dan lainnya.

“Meskipun sarana dan prasarana masih kurang, Kejurda ke VIII ini merupakan ajang untuk mencapai prestasi ke ajang yang lebih tinggi. Dan diharapkan menjadi atlet-atlet yang punya jiwa sportifitas tinggi. Tunjukkan bahwa kamu bisa. Bertandinglah sebaik-baiknya, tunjukkan kehebatanmu,” tandasnya.

Tidak hanya itu, Rahmadi juga mengharapkan para wasit serta juri untuk netral dan sportif dalam menyeleksi peserta Kejurda tersebut.

“Juga kepada wasit dan juri dijaga netralitasnya, maka atlet masa depan kita akan terseleksi dengan baik dan bisa mengharumkan provinsi kita dalam ajang ke depannya. Saat ini olahraga bukan hanya untuk kesehatan dan kebugaran, tetapi untuk mencapai kesejahteraan dengan adanya reward. Semoga kegiatan ini dapat berjalan sukses dan mendapatkan atlet-atletĀ  yang terbaik,” tegas Rahmadi.

Begitu juga dengan Sahani Saleh, Bupati Kabupaten Belitung yang mengatakan bahwa pihaknya siap untuk mendukung Diskepora Provinsi dalam membentuk atlet yang profesional.

“Pastinya kita akan support provinsi untuk mendidik atlet yang profesional, namun tetap saja bila berkenaan dengan pendamping dan pelatih atlet serta akomodasi kita bebankan ke provinsi”, tandasnya.

Pembukaan ajang kejurda ini ditandai dengan dinyalakannya sirine oleh Kadiskepora Provinsi Rahmadi dan Bupati Belitung Sahani Saleh yang disambut meriah oleh peserta Kejurda dan penonton. (QQ)

Sumber: Dinas Kominfo prov. Babel
Penulis: Rizky Amelia
Fotografer: Rizky Amelia

Share This: