Gubernur Pimpin Rapat Pembahasan RPJMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2017 – 2022

Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung memimpin rapat pembahasan RPJMD 2017-2022 di Ruang Rapat Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (22/06). Dalam rapat tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Yan Megawandi, Plt. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Budiman Ginting dan Tim Perumus RPJMD dari Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sebelum masuk dalam tahap perumusan, Gubenur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman memberikan beberapa arahan terkait beberapa program prioritas daerah yang akan dijabarkan dalam dokumen RPJMD Provinsi Kep. Bangka Belitung Periode 2017 – 2022 yang merupakan acuan pelaksanaan program dan kegiatan pemerintah daerah kepada tim perumus dan penyusun RPJMD.

Adapun beberapa arahan yang disampaikan gubenur antara lain di bidang pembangunan SDM, reformasi birokrasi ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bidang agropolitan, bidang bahari dan pariwisata, serta peningkatan ekonomi masyarakat.

Untuk bidang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), Gubernur berharap daerah mampu menyiapkan tenaga kerja yang sesuai dengan syarat-syarat dunia kerja dan pemberian program beasiswa bagi tenaga pendidik dan ASN di lingkungan Pemerintah Daerah

“Untuk memenuhi kebutuhan investasi salah satunya adalah tenaga kerja, kita perlu menyiapkan tenaga kerja yang memenuhi standar kebutuhan perusahaan. Dengan upaya memberikan pendidikan yang terbaik, melalui pelatihan dan beasiswa,” ujar Gubernur

Untuk bidang agropolitan, Gubernur memberikan arahan agar tim perumus RPJMD bisa merancang program-program guna mendukung upaya peningkatan kualitas dari produk unggulan yakni lada dan karet. Kegiatan penyuluhan yang intensif kepada para petani mengenai budidaya lada dan karet dari tahap awal hingga panen sehingga tetap memiliki kualitas unggul, ditegaskan gubernur agar menjadi fokus yang dapat dituangkan dalam RPJMD.

“Agar kualitas lada kita unggul, perlu diperhatikan tahapan-tahapannya. Procesing yang benar seperti apa? Ini merupakan tugas dinas pertanian. Untuk karet, stop penggunaan tawas. Sudah ngga jaman lagi nanti untuk karet menggunakan tawas, tapi menggunakan asam semut. Buat kebijakan beri gratis selama setahun. Siapa nanti memakai tawas ditangkap. Nanti akan dibuat perdanya,” ucapnya.

Gubernur berharap selain peningkatan kualitas produk unggulan, perencanaan kegiatan untuk peningkatan produktifitas hasil pertanian di daerah baik melalui intensifikasi pertanian dan ekstensifikasi pertanian agar menjadi salah satu program prioritas yang akan dituangkan dalam RPJMD.

Sedangkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat, Gubernur menyampaikan agar dituangkan program-program yang dapat mendukung upaya pengembangan bisnis UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) di Bangka Belitung dan memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM untuk mengakses kredit pengembangan usaha.

“UMKM kita harus didorong. Kerja sama dengan pariwisata, tingkatkan UMKM untuk dorong produktifitas menjadi tinggi,” ucap Erzaldi.

Sementara itu, program peningkatan pelayanan publik, peningkatan kinerja dan disiplin ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi diungkapkan Wakil Gubernur Abdul Fatah agar menjadi bahan pertimbangan untuk menjadi program utama reformasi birokrasi ASN di lingkungan pemerintah provinsi yang akan dimasukan dalam dokumen RPJMD.

“Birokrat sebagai aparatur profesional dan berinisiatif tinggi, sehingga lebih responsif dalam menjawab kebutuhan publik dan tantangan masa depan melalui mekanisme reward dan punishment. Diakui atau tidak kondisi kita pada saat ini berada pada tataran reward nya saja, tapi punishment nya belum terlalu jelas. Maka dari itu kondisi ini masih perlu dibenahi melalui program-program yang strategis,” ujarnya.

“Apa bila disiplin ini sudah dimiliki oleh seorang pegawai, maka dia akan menimbulkan suatu kreatifitas dan karya nya dalam menjalankan tugas-tugasnya,” tutup Abdul Fatah. (Stevani/K5)

Sumber: Dinas Kominfo prov. babel
Penulis: Stevani/Khalimo
Fotografer: Khalimo

Share This: