Gubernur Hadiri Acara Penandatanganan Nota Kesepahaman Investasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang

JAKARTA – Gubernur Provinsi  Kepulauan Bangka Belitung (Babel), H. Erzaldi Rosman, SE.,MM, didampingi oleh Bupati Belitung dan Plt. Kepala Bappeda Provinsi Bangka Belitung, Rabu pagi menghadiri acara penandatanganan nota kesepahaman investasi kawasan ekonomi khusus (KEK) Tanjung Kelayang di Gedung Ali Wardhana, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Rabu, 07 Juni 2017)

Acara ini diselenggarakan sebagai seremoni simbolis kerjasama antara para pelaku usaha di KEK  Tanjung Kelayang. KEK Tanjung Kelayang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2016 pada 15 Maret 2016. KEK Pariwisata ini memiliki luas 324,4 Ha dan berlokasi di Kabupaten Belitung. Dan pada saat ini Konsorsium Belitung Maritime selaku Badan Usaha Pembangun dan Pengelola KEK Tanjung Kelayang sedang melakukan pembangunan kawasan yang ditargetkan siap beroperasi pada Agustus 2018. Konsorsium Belitung Maritime telah memperoleh kesepakatan dengan 3 mitra untuk berinvestasi di KEK Tanjung Kelayang, yaitu ;

  1. PT. China Harbour Engineering Company
  2. PT. Accor Asia Pacific Corporation Indonesia
  3. Starwood Asia Pacific Hotels and Resorts.

Acara yang dihadiri oleh beberapa menteri, para direktur utama dunia usaha, serta para pejabat eselon 1 dan staf ahli di Lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Pariwisata, dan Badan Koordinsi Penanaman Modal berlangsung lancar dan tertib. Dalam sambutannya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan bahwa acara ini merupakan karya yang dipersembahkan guna mewujudkan kota pariwisata di Belitung serta merupakan bentuk dukungan dari Pemerintah Pusat dalam rangka merealisasikan pembangunan KEK di Kabupaten Belitung. Beliau juga menambahkan bahwa realisasi pembangunan KEK dimulai dengan masuknya investasi yang memadai dan beliau berharap semoga ke depannya investor lain juga menyusul untuk menanamkan investasinya baik di dalam maupun di luar KEK Tanjung Kelayang sehingga berbagai jenis industry dapat dibangun, tumbuh dan berkembang. Beliau juga mohon dukungan untuk langkah yang akan dilakukan selanjutnya yaitu mengajukan KEK di Pulau Bangka.

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian turut mengucapkan selamat kepada Gubernur dan Perangkat Daerah Provinsi Bangka Belitung, para pengelola KEK Tanjung Kelayang, serta para investor atas terselenggaranya acara ini. Menurut beliau kegiatan ini merupakan kegiatan KEK yang paling cepat prosesnya. Melihat kondisi tersebut, beliau menyarankan agar Pemerintah Provinsi Bangka Belitung segera berkoordinasi dengan Menteri Pendidikan dan Pariwisata untuk mengajukan atau pun mengembangkan sekolah-sekolah dan Perguruan Tinggi di bidang pariwisata dan perhotelan di Bangka Belitung.

Sumber: Humas Protokol BPBB
Penulis: Istari Jayani
Fotografer: Hary Kurniawan