Wisata Budaya Maras Taun Selat Nasik

SELAT NASIK, BELITUNG – Potensi wisata yang ada di Pulau Bangka Belitung patut disyukuri baik itu potensi wisata alam maupun kebudayaan, Salah satu diantaranya adalah kegiatan kebudayaan yang ada di daerah Nasik, Kecamatan Selat Nasik, Belitung, Event tahunan yang telah menjadi agenda rutinitas masyarakat yaitu ” Maras Taun “. Kegiatan tahun ini berpusat di Desa Nasik yang diadakan sejak 10/04 dengan agenda puncak acara Minggu, (16/04/17).

Camat Selat Nasik, Febriansyah mengatakan kegiatan perayaan Maras Taun memiliki makna filosofi yang sangat kental, yakni rasa syukur masyarakat kepada Sang Pencipta , memperera kekeluargaan, serta semangat kegotongroyongan yang betul-betul terjalin antar warga masyarakat, termasuk juga untuk melestarikan adat dan menggali potensi budaya masyarakat dan tidak kalah penting dari semua itu untuk meningkatkan pembangunan perekonomian di bidang pariwisata.

“Festival budaya ini memiliki makna yang penting sekali di dalam berkomunikasi antar masyarakat untuk menumbuhkan sikap kebersamaan, rasa memiliki, Syukur nikmat yang diberikan Sang Kuasa kepada daerah mereka,” Terangnya

Bukan hanya itu, Terkait potensi wisata di Kecamatan Selat Nasik, Febriansyah menambahkan di daerah Nasik ada beberapa potensi wisata yang layak dikembangkan dimana setiap daerah memiliki keunggulan yang memiliki karakter berbeda setiap daerah yang layak untuk di kembangkan sehingga mampu bersaing dengan daerah lain.

” Kita memiliki wilayah Sport Diving, Snorkeling, Hutan Mangrove yang sangat luas, wisata Pantai Pasir Panjang, yang panjangnya hampir 2 kilometer, Serta sektor perikanan tangkap dan budidaya ikan Kerapu Sunuk,” Terangnya.

Dengan adanya even ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih kepada masyarakat daerah sekitar untuk untuk dapat mengembangkan perekonomian masyarakat daerah Desa Nasik, Masyarakat luar daerah dapat mengetahui daerah ini memiliki alam, Kebudayaan yang indah tidak kalah dengan daerah yang lebih dahulu terkenal sehingga ekonomi masyarakat dapat meningkat secara cepat. ( Erwin )

Sumber: Dinas Kominfo prov. Babel
Penulis: Erwin
Fotografer: Heriyanto Kurniawan