Sekda Buka Sosialisasi GEMA CERMAT

sosialiasi-gerakan-masyarakat-cerdas-menggunakan-obatTanjungpandan- Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Dinas Kesehatan menggelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) di Kabupaten Belitung, Rabu (26/04) bertempat di Ruang Rapat Pemerintah Kabupaten Belitung. Acara yang berlangsung dari tanggal 25 s/d 26 April 2017 ini, dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Karyadi Sahminan, S.E., M.A.P.

Ketua panitia, Satum Sumantri dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk terwujudnya peran serta apoteker sebagai penggerak dan pendidik dalam edukasi dan penyebaran informasi tentang penggunaan obat yang benar pada masyarakat serta untukmeningkatkan penggunaan obat rasional khususnya pada masyarakat.

Sementara itu Bupati Belitung yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Karyadi Sahminan, S.E., M.A.P dalam sambutannya mengatakan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat merupakan salah satu gerakan pemberdayaan masyarakat dengan mengedukasi masyarakat agar lebih bijak dan tepat dalam menggunakan obat-obatan yang dikonsumsi, sehingga masyarakat lebih cerdas dalam memilih obat-obatan yang diperlukan terutama untuk swamedikasi (pengobatan sendiri).

Selain itu Karyadi juga mengatakan penggunaan obat bebas tanpa pengetahuan dan informasi memadai dapat menyebabkan masalah kesehatan baru, misalnya dosis berlebihan, durasi tidak tepat, kejadian efek samping, interaksi obat/ penyalahgunaan obat dan sebagainya.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari Ikatan Apoteker Cabang Belitung, Pengelola Obat Puskesmas, Kader Posyandu, PKK, Organisasi Profesi Kegiatan lainnya serta Organisasi Kepemudaan.

Dalam acara ini dilakukan pencanangan Gema Cermat yang dilakukan oleh Bupati Belitung yang diwakili oleh Sekretaris daerah Kabupaten Belitung, Karyadi Sahminan, S.E., M.A.P yang ditandai penyematan tanda apoteker AOC (Agent Of Change).  (Mv)

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Belitung

Share This: