Pasar Berehun Aman dari Boraks, Rhodamin B, Methalyn dan Formalin

pasar-berehun-aman-dari-boraksTanjungpandan –  Balai Pengawas Obat dan Makanan Pangkalpinang menggelar acara Forum Advokasi Komitmen Pemda dan Lintas Sektor dalam rangka pasar aman di Destinasi Wisata Prioritas Nasional. , Kamis, (20/4) bertempat di Ruang Pertemuan Hotel Grand Hatika.  Kegiatan di buka oleh Wakil Bupati Belitung, H. Erwandi. A. Rani.

Kepala Balai POM di Pangkalpinang, Rossy Hertati, melaporkan hingga saat ini masih banyak ditemukan bahan kimia berbahaya dalam produk-produk seperti obat tradisional, kosmetika dan produk pangan yang dapat beresiko terhadap kesehatan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengawasan agar resiko dimaksud dapat diminimalkan bahkan dicegah.

Selain itu Rossy juga mengatakan pada tanggal 19 April 2017 telah dilakukan kegiatan penyuluhan kepada komunitas pasar di Pasar Berehun untuk mengajak pedagang dan komunitas pasar agar waspada terhadap penggunaan bahan berbahaya.  Tidak hanya itu, di Pasar Berehun dilakukan juga bimbingan teknis kepada petugas pasar untuk melakukan pengujian Boraks, Rhodamin B, Methalyn Yellow dan Formalin dengan test kit untuk melakukan pendeteksian awal bahan berbahaya pada pangan dan hasilnya “negative”.

Rossy berharap melalui kegiatan ini dapat tercipta koordinasi secara lintas sec-tor dalam hal pengawasan serta tindak lanjut terhadap kebocoran distribusi dan penyalahgunaan bahan berbahaya ke dalam pangan di pasar percontohan di destinasi wisata.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung dalam sambutannya menilai forum ini merupakan wadah yang tepat untuk menyelaraskan dan mengkoordinasikan langkah-langkah program dan kegiatan yang akan dilaksanakan. Hal ini penting  untuk dibahas dan dirembukkan bersama guna menyamakan persepsi agar program kerja yang diusung pemerintah pusat dan daerah dapat dilaksanakan dengan tepat sasaran dan berhasil guna.

Dalam kesempatan ini juga Wabup menjelaskan masih marak terjadi penya-lahgunaan bahan yang dilarang dalam pangan, namun keberadaannya masih diperjualbelikan secara bebas di pasar tradisional. Untuk itulah, Pemerintah Kabupaten Belitung sangat mendukung upaya yang dilakukan Balai POM, dan kami siap membantu apabila ada hal-hal yang perlu dilaksanakan sebagai upaya untuk mencegah penggunaan bahan berbahaya di lingkungan pasar.

Wabup mengimbau  untuk senantiasa berpartisipasi aktif dan berperan serta dalam mendukung program-program pemerintah pusat, khususnya program yang dilaksanakan Balai Pengawas Obat dan Makanan yang dalam hal ini se-bagai fasilitator kegiatan.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 orang peserta dengan nara sumber yang be-rasal dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Kepulauan Bangka Be-litung, Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Belitung, Direktur Pengawasan Produk dan Bahan Berbahaya serta Kepala Balai POM di Pangkalpinang. (MV)

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung

Share This: