Belitung Gelar Teknologi Tepat Guna Tahun 2017

Tanjungpandan, BULETINBELITONG.  Secara umum, teknologi dapat diartikan sebagai produk yang dibuat dan digunakan untuk memudahkan kinerja manusia. Karena itu, sudah seharusnya teknologi dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kesejahteraan masyarakat. Hal ini disampaikan Bupati Belitung H.Sahani Saleh, S.Sos  saat membuka  Gelar Lomba Teknologi Tepat Guna Kabupaten Belitung 2017 pada Rabu, 12 April 2017.

Gelar Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Kabupaten Belitung 2017 merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat  dan Desa (DPPKBPMD). Pada tahun 2017 ini, gelar Lomba TTG diikuti oleh 24 team yang terdiri dari 13 tim dari tingkat SLTP, 4 tim dari jenjang SMA/SMK dan  7 tim dari Masyarakat Umum.

Dihadapan peserta dan undangan, Bupati menjelaskan bahwa ajang ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk memotivasi masyarakat dan generasi muda dalam mengikuti perkembangan zaman selain dimaksudkan untuk memberdayakan masyarakat dan mengingatkan kembali nilai tambah yang didapat dari pemanfaatan teknologi tepat guna. “ Namun harus diingat, teknologi yang diciptakan ini mestinya berbasis lingkungan dan (memperhatikan) kearifan lokal “ himbau Bupati.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Bangka Belitung  Drs Sunardi MAP dan Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa Kemendagri RI  Drs Aferi Samseri tampak menempati kursi undangan. Kehadiran keduanya ikut memotivasi peserta lomba. Bersama Bupati mereka berkeliling meninjau hasil karya anak-anak Belitung.

“Gelar Teknologi Tepat Guna ini hendaknya dimanfaatkan sebagai ajang untuk membangun  jejaring kerjasama, mengembangkan wawasan dan saling memberi manfaat” ucap Bupati  mengakhiri sambutannya.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 10:00  hingga  pukul 14:00 menampilkan sejumlah perangkat teknologi tepat guna untuk dinilai oleh 5 tenaga ahli antara lain dari Bappeda dan  DPPKBPMD Kabupaten Belitung. Kelima tenaga ahli tersebut Suwardian, S.Pi, Hennyka,SE, Haryanto Amd, Yuswardi SPd, Budi Swastika Kartiman SIP.

Berdasarkan Berita Acara Rapat Narasumber/Tenaga Ahli ditetapkan  3 pemenang Gelar Lomba TTG  Kabupaten Belitung untuk Tingkat SMP. Pemenang I dari SMPN 4 Sijuk dengan teknologi ‘ Lantai Penghasil Gaya Gerak Listrik’. Pemenang II berasal dari SMN 4 Sijuk dengan teknologi  ‘Pemanfaatan Air Kelapa’. Pemenang  III dari SMPN 5 Tanjungpandan dengan teknologi ‘ Pupuk Cair Organik dan Media Tanam Pada Hidroponik’.

Pemenang Gelar Lomba TTG Kabupaten Belitung 2017 untuk tingkat SMA?SMK/Sederajat. Pemenang I diraih SMAN 1 Membalong dengan teknologi ‘Toring Dasar (Reflektor Pengering) Media Pasir’. Pemenang II diraih SMAN 1 Tanjungpandan dengan teknologi ‘Alat Recycle Plastik’ dan pemenang III diraih SMKN 2 Tanjungpandan dengan teknologi ‘Pemotong Rumput Otomatis’.

Sedangkan untuk Kategori Umum, pemenang I diraih Adi Irawan dari Kecamatan Sijuk dengan teknologi ‘Sensor Pendeteksi  Angin Wireless’. Pemenang II diraih Agustianto ST,MPd dari Kecamatan Tanjungpandan dengan teknologi ‘Alat Serba Guna (ASG) dalam Pengolahan Sampah Organik dan Home Industri’. Pemenang III diraih Aulia Putri dari Kecamatan Sijuk dengan teknologi ‘Sensor Pendeteksi Asap’
Sumber: Diskominfo