Pokok Pikiran Ketua DPRD dalam Forum SKPD

pokok-pikiran-ketua-dprd-belitungTanjungpandan (Diskominfo).  Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Taufik Rizani, A.Md menegaskan akan perlunya  dukungan pemangku kepentingan  terhadap Visi Misi Pemerintah Daerah 2013-2018 yang  tertuang dalam RPJMD Kabupaten Belitung,  telah ditetapkan tiga sektor unggulan yakni sektor perhubungan, sektor pariwisata dan sektor kelautan. Terhadap tiga sektor ini, Taufik Rizani menyampaikan pokok-pokok pikiran “Percepatan Pencapaian Tiga Program  Unggulan” pada pembukaan Forum SKPD Senin, 20 Februari 2017.

Dukungan legislatif terlihat dari kehadiran pada Pembukaan Forum SKPD. Dengan perubahan sistem penganggaran berbasis kinerja (performance budgeting) yang mengutamakan partisipasi masyarakat, kehadiran dan sumbangsih pemikiran dari legislatif menunjukkan  peran penting DPRD sebagai wakil rakyat dalam proses perencanaan pembagunan daerah. Tidak hanya pada Forum SKPD tetapi juga pada Forum Konsultasi Publik, Musrenbang Kecamatan  hingga Musrenbang Kabupaten agar tidak ada lagi usulan pembangunan yang tidak mengikuti mekanisme dan konsep perencanaan.

Begitupun Ketua DPRD Kabupaten Belitung merasa diapreasi atas kesempatan untuk menyampaikan pokok-pokok pikirannya menyikapi perkembangan tiga sektor unggulan yang dituangkan dalam RPJMD Kabupaten Belitung.

Pokok Pikiran Sektor Perhubungan

Perhubungan merupakan sektor penting dalam pembangunan suatu daerah. Dengan berjalan baik, konektivitas antar daerah akan menjadi mudah dan lancar mengingat Kabupaten Belitung merupakan wilayah kepulauan, baik pembangunan di sektor perhubungan darat, laut maupun udara. Dalam kesempatan ini disampaikan penjabaran pokok-pokok pikiran. Pertama, perlu dilakukan upaya konkrit untuk segera memperbaiki ruas jalan yang sudah rusak terutama jalan yang menuju destinasi wisata. Demikian pula fasilitas seperti parkir di jalan protokol, lampu jalan dan perlu penambahan petunjuk jalan yang menuju lokasi-lokasi penting. Kedua, diperlukan penambangunan pelabuhan di pulau-pulau kecil yang bisa mendukung arus distribusi barang terutama bahan kebutuhan pokok sehingga masyarakat pulau kecil tidak terisolir. Terhadap pelabuhan yang sudah ada seperti Pelabuhan Tanjung Ru dan Tanjung Batu.

Pokok Pikiran Sektor Pariwisata.

Sektor pariwisata saat ini sedang booming. Agar momentum ini sia-sia sementara potensi pariwisa sering kita gaung-gaungkan sedemikian hebat. Karenanya perlu disampaikan pokok-pokok pikiran sektor pariwisata. Pertama, komitmen pemerintah daerah yang menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan haru didukung dengan alokasi yang memadai bagi pembangunan  sektor pariwisata. Kedua, perlu peningkatan peran masyarakat. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) perlu digalakkan, diperbanyak dan diperluas ke setiap desa dan kelurahan. Ketiga, menjadikan Sapta Pesona sebagai bagian dari perilaku dan budaya masyarakat.

Pokok Pikiran Sektor Kelautan.

Disadari sebagian besar  masyarakat Belitung adalah nelayan karena itu dengan menjaga ekosisem kelautan berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat. Berkenan dengan itu pokok pikiran di sektor kelautan perlu disampaikan. Pertama, agar pemerintah daerah dapat membantu penyeda peralatan nelayan sesuai kebutuhan dan perkembangan zaman sehingga mampu bersaing dengan nelayan di nusantara atapun luar negeri. Kedua, meningkatkan nilai tambah dengan meningkatkan sumberdaya nelayan. Ketiga, mengembangkan pola budidaya sekaligus diarahkan untuk mengoptimalkan kolong bekas tambang.

Pokok-Pokok Pikiran yang disampaikan Ketua DPRD ini ini untuk mencermati pelaksanaan Visi Misi pemerintah Kabupaten Belitung yang menjadikan sektor perhubungan, pariwisata dan kelautan sebagai sektor unggulan.  Hadir sejumlah anggota DPRD Kabupaten Belitung saat menghadiri pembukaan Forum SKPD, Senin 20 Februari 2017 antara lain Isyak Meirobie (Wakil Ketua DPRD) beserta anggota  H. Mastop, Andreas, Syamsudin, Junaidi Derani  (fiet)

 

Sumber: Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung

Share This: