PANWASLU Kabupaten Belitung Gelar RAKERNIS Pengawas TPS

rakernis pps-belitungTanjungpandan__Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Belitung menggelar kegiatan Rapat Kerja Teknis Pengawas TPS Se-Kabupaten Belitung yang dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Belitung, Mirang Uganda, SH pada Rabu, (8/2) di Hotel Bahamas Tanjungpandan.

Dalam laporannya, Kepala Sekretariat Panwaslu Kabupaten Belitung, Irwan Mahfudz, S.Mn mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mensukseskan pemilihan gubernur  dan wakil gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang akan berlangsung pada 15 februari mendatang.

Menurutnya, kegiatan ini akan dilaksanakan selama 4 hari, mulai tanggal 8 s.d 11 Februari yang diikuti sebanyak 400 peserta terdiri dari; 351 pengawas TPS dan 49 peserta dari PPL kecamatan. Ia berharap melalui kegiatan ini, anggota PTPS dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara konsisten, kredibilitas, tidak terpengaruh apapun, harus netral, dan jangan sampai salah jalan selama menjalankan tugas karena pengawas TPS merupakan tulang punggung penyelenggaraan pemilu.

Sementara Bupati Belitung dalam sambutannya yang dibacakan Asisen Bidang Pemerintahan, Mirang Uganda, SH menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini. ia berharap pengawas TPS mampu memberikan pengabdian yang terbaik, sehingga dalam penyelenggaraan tugas dari fungsinya dapat terlaksana dengan baik, dan pada akhirnya secara keseluruhan penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Belitung dapat berjalan dengan sukses.

Ia berharap kepada seluruh tim yang terlibat dalam Pemilu agar dapat melaksanakan tugas secara profesional, transparan, jujur, adil, dan cermat. Pengawas TPS juga diharapkan dapat terus menjaga integritas dan independensinya, tidak tergoda dengan iming-iming dari pihak-pihak yang ingin menciderai tahapan penyelenggaraan pemilu. Berjalanlah sesuai dengan aturan dan dukung kebijakan pemerintah daerah dalam menciptakan ketertiban umum di daerah.

‘’Mudahan-mudahan melalui rapat kerja ini, para pengawas TPS dapat bekerja secara maksimal. Karena tugas pengawas TPS tidak hanya mengawasi TPS saat pemungutan suara, melainkan juga mengawasi prosesnya dari pemungutan, penghitungan, hingga pengembalian logistik. Pengawas TPS juga ikut mengawasi dugaan pelanggaran yang terjadi, disamping mengawasi pendistribusian logistik kotak suara sampai pengembalian kotak suara dari TPS ke PPS, serta seluruh proses kegiatan perhitungan suara sampai pengembalian kotak suara’’, ujarnya.***dk
Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung

Share This: