Kata Sekda: Pejabat Fungsional Harus Gerak Cepat

pejabat-fungisonal-belitung-gerak-cepatTanjungpandan – Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Belitung menggelar kegiatan Rapat Koordinasi SKPD dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung tentang Pengembangan Karir Jabatan Fungsional.

Kegiatan ini berlangsung pada Selasa, (3/5) bertempat di Ruang Sidang Pemkab Belitung dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Karyadi Sahminan, S.E., M.A.P., dihadiri oleh Kepala BKPPD Kabupaten Belitung, Ita Wahyuni, para Asisten Setda Kabupaten Belitung, Kepala Bappeda Kabupaten Belitung, Ir. Arpani, pengelola kepegawaian dan pejabat/calon pejabat fungsional tertentu.

Dalam arahannya, Sekda mengatakan, mengingat telah diterbitkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara menyebabkan terjadinya perubahan dalam manajemen ASN secara nasional. Untuk itu, dipandang perlu dilaksanakan koordinasi dan sinkronisasi dalam rangka pelaksanaan pengelolaan manajemen ASN pada masing-masing SKPD , khususnya pengembangan karir dalam jabatan fungsional.

Terkait pelaksanaan reformasi birokrasi, ada 3 sasaran utama yang harus dicapai, yaitu peningkatan pelayanan, peningkatan kinerja, serta pencapaian tingkat keseimbangan terhadap sasaran yang ingin dicapai yang berujung pada remunerasi. Untuk mencapai hal itu, profesionalitas sumber daya manusia (SDM) mutlak diperlukan. Salah satunya adalah dengan pengembangan jabatan fungsional.

‘’Kondisi saat ini masih banyak pejabat fungsional di luar jabatan/bukan pejabat fungsional guru dan tenaga kependidikan, tenaga kesehatan, penyuluh pertanian, Auditor dan P2UPD yang masih belum dilantik dan mengurus pengangkatan dalam jabatan fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung. Untuk itu, hal ini kiranya menjadi perhatian semua agar segera mengurus dan bergerak cepat terkait permasalahan dimaksud’’, jelas Karyadi.

‘’Saya minta khususnya para Calon Pejabat Fungsional harus bergerak cepat, segera upayakan percepatan agar secepat mungkin bisa diangkat dalam Jabatan Fungsional. Ini untuk kebaikan saudara-saudara, untuk pengembangan karir ke depan. Karena ASN berbeda dengan PNS. Dalam ASN, kita dituntut untuk lebih profesional dan meningkatkan kompetensi SDM’’, lanjutnya.

Karyadi juga mengingatkan Dinas/Instansi terkait, khususnya para pengelola kepegawaian agar dapat mendukung dan membantu kelancaran proses pengembangan karir para Pejabat Fungsional. Tempatkan para pejabat fungsional sesuai dengan bidang dan kompetensi masing-masing. ‘’Jangan ada lagi yang salah kamar (bekerja tidak sesuai dengan bidangnya). Tahun 2017 nanti, jangan sampai ada pejabat fungsional yang belum dilantik atau belum mengurus fungsionalnya’’, harapnya. ***dika

Sumber: Humas Setda Kabupaten Belitung

Share This: