Kominfo RI Gelar Diklat Funsional Pranata Humas

diklat-fungsional-pranata-humas-2016

Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menggelar kegiatan Diklat Jabatan Fungsional Pranata Humas Tingkat Ahli Angkatan II Tahun Anggaran 2016. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Pusdiklat Kominfo RI, Usuluddin, SH, MM pada Kamis, (7/4) bertempat di Kantor Pusdiklat Kominfo, Jl. Raya Kelapa Dua Nomor 49D, Kebon Jeruk, Jakarta Barat,

Kegiatan ini diikuti sebanyak 19 peserta yang berasal dari berbagai Instansi/lembaga Pemerintah se-Indonesia, diantaranya; Pemkab Belitung, Pemkab Bangka Barat, Pemkot Pekalongan, Pemkot Balikpapan, Ombusman RI, Perpustakaan Nasional RI, Badan Informasi Geospasial, Bapeten, dan Kementerian Sosial RI.

Dalam sambutannya, Kepala Pusdiklat Kominfo, Usuluddin, SH, MM menjelaskan bahwasanya keberadaan jabatan fungsional pranata humas merupakan jabatan profesional yang sangat dibutuhkan dalam mendukung peranan humas untuk menyampaikan informasi dari pemerintah kepada publik.

‘’Diklat ini saya nilai penting dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap para pemangku jabatan fungsional pranata humas agar dapat meningkatkan peranananya di bidang pelayanan informasi dan kehumasan, sesuai dengan SK Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indoneisa Nomor 6 tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pranata Humas dan Angka Kreditnya. Untuk itulah, diklat ini wajib diikuti karena merupakan syarat  untuk bisa diangkat menjadi pranata humas ’’, jelasnya.

Lebih lanjut, Usluddin juga mengatakan bhawa diklat jabatan fungsional pranata humas, baru terselenggara kembali pada tahun 2016 ini, sebelumnya sempat vakum setahun karena adanya berbagai perubahan kebijakan dan aturan dari kementerian.

Dalam diklat  ini, para peserta dibekali dengan berbagai materi penting dengan metode pembelajaran berupa; kuliah/ceramah, tanya jawab, diskusi, latihan/pratikum, kerja kelompok, simulasi dan kunjungan lapangan oleh widyaiswara di lingkungan Kominfo, pengajar/instruktur bidang komunikasi dan kehumasan, serta para pakar/praktisi komunikasi.

Kegiatan diklat berlangsung selama 23 hari, yakni mulai tanggal 6 sampai dengan 28 April 2016. Diakhir pembelajaran para peserta akan mengikuti ujian tertulis dan seminar kelompok sebagai syarat penilaian kelulusan yang juga ditinjau dalam dua aspek, yakni aspek nilai prestasi dan nilai sikap.***fk

Sumber: Humas Setda Kabupaten Belitung