Bupati Belitung Teken Kontrak Pembangunan PLTD Berbasis CPO

bupati=belitung-teken-kontrak-pltdJakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI melaksanakan penandatanganan kontrak Kegiatan Strategis Tahun Anggaran 2016 pada Senin, (29/2) bertempat di kantor Kementerian ESDM RI di Jakarta.

Kabupaten Belitung menjadi salah satu daerah di Indonesia yang menerima manfaat dari kegiatan yang mengucurkan dana sebesar Rp 3,3 triliun untuk 133 paket. Penandatanganan kontrak dilakukan oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos, Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) dan Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dengan disaksikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Dalam sambutan, Presiden Jokowi dijelaskan bahwa, penandatanganan perjanjian kerjasama/kontrak dilakukan sekarang terkait untuk percepatan pembangunan. Dengan demikian kegiatan bisa cepat dilaksanakan dan selesai tepat pada waktunya.

 

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya yang dalam kesempatan ini mendampingi Bupati, mengatakan pembangunan PLTD berbasis CPO sebesar 5 MW di Kabupaten Belitung merupakan pilot project Kementerian ESDM. Adapun bahan bakunya selama dua tahun akan dibiayai BPPT, dimana satu tahun sebesar Rp 75 miliar. Setelah itu akan diserahkan ke Pemkab Belitung untuk mengelolanya.

Lokasi yang disiapkan Pemkab Belitung untuk PLTD berbasis CPO adalah di kawasan industri Suge. Proses pembangunan akan dilaksanakan segera di tahun ini dan ditargetkan selesai di tahun 2016 juga. Paling lambat di tahun 2017 PLTD sudah running. ‘’Mudah-mudahan PLTD berbasis CPO 5MW ini akan bisa mengatasi kekurangan pasokan listrik di Kabupaten Belitung’’, jelas Hendra.***fk

Sumber: Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Belitung